Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Resistor

June 14, 2019
Resistor merupakan pecahan dari komponen eletronika yang mempunyai fungsi sebagai penahan arus yang mengalir pada sebuah rangkaian. Resistor sendiri berupa terminal yang mempunyai dua komponen elektronik yang nantinya akan mengasilkan suatu tegangan yang berbanding lurus dengan arus listrik. Kerja resistor sesuai dengan suatu aturan yang taka sing lagi didengar, ialah aturan Ohm (V=I.R).

Resistor mempunyai kharakteristik yang tidak mempunyai kutub positif dan negatif, tetapi mempunyai beberapa komponen, menyerupai tegangan kerja maksimum, resistensi, toleransi, dan power rating. Selain itu, resistor masih mempunyai karakteristik, menyerupai induktansi, kebisingan, koefisien, dan temperature.

Resistor banyak digunakan dalam rangkaian elektro sebagai salah satu komponen dasar. Sehingga, apabila Anda ingin menciptakan sebuah rangkaian elektro yang baik, maka harus mengetahui seluk beluk resistor yang merupakan salah satu komponen dasar elektronika. Untuk itu, pelajari secara seksama yang berkenaan dengan resistor.

Resistor mempunyai banyak fungsi dalam elektronika, sehingga keberadaannya sangat diperlukan. Meskipun sangat penting, tapi harga resistor terbilang murah dibandingkan komponen elektronik lainnya.
Resistor merupakan pecahan dari komponen eletronika yang mempunyai fungsi sebagai penahan a Pengertian, Fungsi, dan Jenis Resistor

Macam-Macam Resistor
Resistor intinya terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya :
  • Fixed Resistor, ialah jenis resistor yang mempunyai nilai kendala yang tetap.
  • Variable Resistor, ialah jenis resistor yang mempunyai nilai kendala yang selalu berubah.
  • Resistor Non-Linier, ialah jenis resistor yang disebabkan lantaran adanya imbas dari lingkungan, menyerupai suhu ataupun cahaya, sehingga menciptakan nilai kendala menjadi tidak linier.
Selain mempunyai bermacam-macam jenis menyerupai yang telah dijelaskan di atas, resistor juga mempunyai banyak kegunaan. Resistor mempunyai bentuk yang sangat kecil, tapi ternyata kegunaannya tidak sepele bagi penyusun elektronika.  Secara umum memang resistor mempunyai kegunaan sebagai penghambat arus yang sedang melewati sebuah rangkaian, tapi beberpa kegunaan lain dari resistor juga perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Keunggulan Resistor
Berikut beberapa kegunaan resistor dalam dunia eletronika :
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk mengatur jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Dengan menggunakan resistor, arus listrik yang mengalir sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk sanggup menahan sebagian arus listrik yang mengalir dalam rangkaian dan diubahsuaikan dengan kebutuhan rangkaian elektro yang Anda buat.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk menurunkan tegangan listrik pada rangkaian elektro yang Anda buat sesuai kebutuhan. 
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk membagi tegangan listrik yang ada pada rangkaian elektro Anda, sehingga rangkaian eletronika tidak terlalu terbebani dengan tegangan lantaran sudah dinetralkan oleh resistor.
  • Resistor mempunyai kegunaan untuk sanggup membangkitkan frekuensi tinggi maupun frekuensi rendah yang dibantu oleh kinerja transistor dan kondensator  (kapasitor). 
Dengan beberapa kegunaan yang ada pada resistor, maka resistor sangat dibutuhkan untuk menjadi salah satu pecahan dari komponen sirkuit lektrinika dan jejaring elektronika. Resistor biasanya dibentuk dari beberapa macam komponen dan film, dan juga sanggup dibentuk dari kawat resistensi. Kawat resistensi sendiri merupakan kawat yang terbuat dari kumpulan resistivitas yang sangat tinggi, menyerupai pada nikel kromium.

Dari ulasan ini Anda sanggup memahami apa bahwasanya resistor yang biasanya sering digunakan dalam rangkaian elektronika. Ternyata benda kecil ini walaupun mempunyai harga yang murah dibandingkan komponen elektro lainnya, mempunyai fungsi yang tidak sanggup dianggap remeh ya.

Jika Anda ingin menciptakan sebuah rangkaian elektronik, pastikan tidak lupa menggunakan resistor semoga sanggup berfungsi maksimal. Nah, itulah beberapa isu mengenai resistor yang sanggup Anda jadikan sebagai sumber acuan yang bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Resistor"

Post a Comment