Cara Cepat Menyembuhkan Mimisan Pada Anak Kecil

June 17, 2019
Cara Cepat dan Praktis Menyembuhkan Mimisan pada Anak Kecil_Sebagaimana yang kita ketahui, mimisan merupakan darah yang keluar dari salah satu lubang hidung atau bahkan keduanya, dan disebut juga dengan epistaksis. Ada beberapa kelompok orang yang rentan terkena mimisan yaitu pengidap kelainan darah, ibu hamil, orang yang sering memakai obat antikoagulan dan aspirin, lansia bahkan anak-anak. Mimisan terjadi lantaran disebabkan oleh beberapa hal, yaitu polusi, udara yang dingin, trauma, infeksi, dan obat-obatan. Sejatinya, mimisan yaitu hal yang lumrah terjadi dan tidak membahayakan keselamatan. Walaupun begitu, ada baiknya juga untuk tetap waspada lantaran sanggup saja mimisan yang terjadi mengindikasikan adanya suatu penyakit tertentu. Apalagi kalau mimisan menyerang pada anak yang seringkali menciptakan orang renta panik, khawatir dan takut. Tetapi kalau secara kebetulan anak Anda mengalami mimisan, coba tenanglah dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.
Cara Cepat dan Praktis Menyembuhkan Mimisan pada Anak Kecil Cara Cepat Menyembuhkan Mimisan pada Anak Kecil
Cara Cepat Menyembuhkan Mimisan pada Anak Kecil

A. Cara Mengatasi Mimisan pada Anak
Berikut ini yaitu 5 cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi mimisan kalau terjadi pada anak Anda, yaitu:

1. Pencet Cuping Hidung
Silahkan pencet cuping hidung anak Anda dengan memakai jari telunjuk dan ibu jari, namun memencetnya jangan terlalu keras. Tahan sebentar kira-kira 3 hingga 5 menit, untuk sementara bernafaslah melalui mulut. Lakukan terus kegiatan ini hingga mimisan berhenti

2. Kompres Hidung dengan Air Dingin
Cara yang kedua yaitu dengan mengompres hidung anak Anda dengan memakai handuk atau kain lainnya yang bertekstur lembut dengan air dingin. Hal ini dimaksudkan untuk membekukan darah yang keluar serta mengecilkan pembuluh darah sehingga pendarahan sanggup cepat berhenti.

3. Dengan Menggunakan Daun Sirih
Daun yang mempunyai amis yang khas inipun sanggup pula Anda gunakan untuk mengatasi mimisan pada anak.
Caranya yaitu sediakan 1 lembar daun sirih, remas perlahan kemudian gulung daun sirih tersebut gres kemudian sumbatkan pada lubang hidung yang berdarah. Posisikan wajah untuk menghadap ke atas dan diamkan hingga pendarahan berhenti.

4. Posisi Badan yang Benar
Tak hanya memakai media, tetapi dengan memposisikan badan anak sanggup membantu mempercepat berhentinya mimisan. Mintalah pada anak Anda supaya duduk dengan posisi yang agak membungkuk.
Posisi ibarat ini dimaksudkan untuk mencegah darah biar tidak mengalir ke pecahan belakang serta kerongkongan dan lambung. Karena kalau darah ini hingga tertelan akan mengakibatkan anak merasa mual dan batuk-batuk bahkan muntah.
Tetapi, kalau anak diposisikan untuk duduk serta agak membungkuk, fatwa darahnya akan melambat lantaran jantung mempunyai posisi yang lebih rendah dari hidung.

5. Periksa ke Dokter
Jika memang pendarahan tersebut tidak sanggup berhenti dalam waktu yang cukup lama, segeralah periksakan anak ke dokter. Apalagi kalau mimisan tersebut disertai juga dengan panas lantaran sanggup jadi itu merupakan suatu membuktikan anak tengah mengalami sakit yang sanggup dikatakan serius.

B. Hal yang Tidak boleh dilakukan Jika Anak Mengalami Mimisan
Mengenai hal yang dilarang dilakukan saat anak mengalami mimisan yaitu berkaitan dengan posisi anak. Perintahkan anak untuk duduk dengan posisi agak membungkuk dan jangan minta anak untuk berbaring.

Karena kalau anak berbaring, fatwa darah akan menjadi lebih cepat lantaran jantung berada sejajar dengan hidung sehingga sanggup mengakibatkan darah tersebut tertelan. 

Hal yang tak boleh dilakukan lainnya yaitu jangan menggosok ataupun menggoyang hidung anak kalau mimisan berhenti, lantaran hal tersebut sanggup menciptakan mimisan muncul kembali.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi dilema mimisan pada anak dan hal-hal yang dilarang dilakukan kalau anak mengalami mimisan. Semoga sanggup membantu Anda dalam menghadapi dilema mimisan kalau menyerang buah hati Anda.

0 Response to "Cara Cepat Menyembuhkan Mimisan Pada Anak Kecil"

Post a Comment