Menu Masakan Yang Baik Serta Sehat Untuk Berbuka Puasa Dan Sahur

June 09, 2019
Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur_Saat kita berpuasa ataupun tidak sedang berpuasa, intinya badan kita tetaplah membutuhkan nutrisi dalam porsi yang sama. Hanya saja ketika kita berpuasa, jumlah masakan yang masuk ke dalam badan mungkin memang sedikit berkurang. Misalnya pada hari biasa, kita membagi asupan nutrisi badan kedalam 3x porsi makan. Sedangkan pada bulan puasa, nutrisi badan yang biasa dimakan 3x porsi ketika hari biasa tersebut harus sanggup terpenuhi dalam 2x makan, yaitu ketika sahur dan berbuka. Atau Anda sanggup menyisipkan 1 porsi kecil selain 2x porsi makan tadi di waktu sesudah tarawih. Yang pasti, sajian masakan yang baik serta sehat untuk berbuka puasa dan sahur haruslah mengandung karbohidrat, vitamin, protein, mineral cairan serta serat. Berikut klarifikasi lebih lengkapnya.
Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur
Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur

A. Makanan Terbaik Saat Sahur Harus Memenuhi Kandungan Gizi Berikut ini
Usahakanlah untuk tetap sahur supaya badan Anda tetap sehat dan tidak lemas. Sediakan waktu yang cukup untuk sahur supaya Anda tidak makan dengan tergesa-gesa.

1. Karbohidrat
Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang mencakup roti gandum utuh, beras merah, oat, sereal, kentang dll. Pemenuhan sumber karbohidrat sangat penting bagi badan alasannya karbohidrat kompleks akan dicerna oleh badan secara sedikit demi sedikit sehingga kenaikan kadar gula darah sanggup terjaga.

2. Buah dan Sayur
Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral dan juga senyawa fitokimia lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan yang baik disantap ketika sahur ialah yang mengandung karbohidrat kompleks ibarat jeruk, pisang, semangka, berry, apel. Anda sanggup juga mengonsumsi buah kering ibarat kismis, plum, kiwi atau kurma.

Untuk sayurannya sebaiknya Anda menentukan sayuran yang berwarna hijau alasannya mengandung banyak serat dan karbohidrat, sehingga baik yntuk pencernaan.

3. Lemak dan Protein
Lemak tetap dibutuhkan badan sebagai pencerna vitamin A, E, D dan K. Lemak yang dianjurkan dikonsumsi ialah lemak tak jenuh yang mencakup minyak zaitun, kacang-kacangan atau ikan maritim (salmon, tuna).
Sedangkan protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sahur ialah tahu, tempe, telur, daging ayam tanpa kulit, ikan, dll. Guna protein ialah untuk memperbaiki sel badan yang rusak dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Cairan
Jumlah air yang disarankan untuk konsumsi per hari ialah 8 gelas atau 2 liter. Bagilah pemenuhannya ketika sahur, berbuka maupun malam ketika menjelang tidur. Selain air putih And sanggup juga mengonsumsi jus ataupun susu steril.

B. Makanan Terbaik Saat Berbuka Puasa
Agar manfaat puasa yang Anda jalankan tidak sia-sia, maka jagalah porsi makan tetap normal dengan tetap memperhatikan kandungan nutrisi seimbang. Kaprikornus ketika berbuka puasa, sebaiknya masakan Anda memenuhi  unsur nutrisi berikut ini.

1. Karbohidrat
Sama dengan mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks ibarat ketika Anda sahur ibarat beras merah atau gandum utuh dll. Bedanya, sebaiknya Anda mengonsumsinya sesudah tarawih supaya terhindar dari malas dan mengantuk

2. Buah dan Sayur
Buah yang terkenal dikonsumsi ketika berbuka ialah kurma. Tetap jaga porsinya supaya gula darah Anda tidak naik drastis. Salad merupakan kombinasi yang pas sebagai pengganti takjil yang lebih sehat.

3. Lemak dan Protein
Saat Anda berbuka puasa, Anda dianjurkan mengonsumsi protein ibarat halnya ketika Anda sahur supaya kebutuhan akan lemak dan protein Anda tetap terpenuhi.

4. Cairan
Agar badan Anda kembali terhidrasi, Anda sanggup meminum 2 gelas air ketika berbuka puasa dan juga sebelum tarawih, serta 2 gelas lagi sebelum tidur.Anda juga sanggup minum jus tanpa gula atau air kelapa.

Pada dasarnya, sajian untuk sahur dan berbuka puasa yang baik serta menyehatkan ialah sajian yang mengandung semua nutrisi yang diharapkan oleh tubuh. Anda hanya perlu mengombinasikan bahan-bahan masakan tersebut dalam suatu racikan variasi sajian supaya tidak bosan.

Demikian ihwal Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menu Masakan Yang Baik Serta Sehat Untuk Berbuka Puasa Dan Sahur"

Post a Comment