Silabus Bahasa Arab Mts Kelas Delapan (8/Viii) Kurikulum 2013

April 17, 2019
Download Silabus Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013

Download Silabus Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2



SILABUS PEMBELAJARAN Bahasa Arab MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 Semester 1

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (satu)/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

SILABUS PEMBELAJARAN Bahasa Arab MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 Semester 2

Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 2 (Dua) / Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

Berikut ialah tautan Download Silabus Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013:



Berikut ialah kutipan dari Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 tersebut:


Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Proses Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1.1 Menyadari pentingnyakejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah Afektif: Guru membiasakan akseptor didik biar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi memakai bahasa Arab Guru memotivasi akseptor didik untuk jujur dan percaya diri .  Pengamatan Penilaian diri Penilaian antar teman Jurnal 12 JP - Buku paket BahasaArab kealas VIIKurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-bendadilingkungan pesertadidik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema / topik- Internet / VCD
2.1 Menunjukkanperilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah Afektif: Guru membiasakan akseptor didik biar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi memakai bahasa Arab Guru memotivasi akseptor didik untuk jujur dan percaya diri .  Pengamatan Penilaiandiri Penilaian antar teman Jurnal 12 JP - Buku paket BahasaArab kealas VIIKurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-bendadilingkungan pesertadidik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema / topik- Internet / VCD
3.1 Memahami bunyi,makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai denganstruktur kalimat yang - Mufradat, hiwar, qira’ahdan kitabah tentangةعاسلا- Pengenalan tarkib sebagai berikut: Mengamati : Mengamati pelafalan kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan Menirukan pelafalan kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan BentukPenilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan 12 JP - Buku paket BahasaArab kealas VIIKurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-bendadilingkungan pesertadidik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema / topik- Internet / VCD
berkaitan dengantopik :ةعاسلا baik secara verbal maupun tertulis ةلملجا ؛ةعاسلا نع ةلئسأ؛ةيسملاا  Menyimak wacana dari bunyi guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Memperhatikan struktur kalimat-kalimat dalam isi teks verbal sesuai konteks. Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran kata terkait topiktentang “jam” dengan tepat Mengamati teks yang terdapat pertanyaan-pertanyaan tentang“jam” dan jumlah ismiyahMenanya: Melakukan tanya jawab sederhana terkait topik perihal “jam”. Melakukan obrolan (hiwar) terkait topik perihal “jam”. Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru terkait topik perihal “jam” secara lisan Menanyakan perihal jumlah ismiyah yang belum difahamiMengeksplorasi: Melafalkan kata/frase/kalimat terkait topik perihal “jam” sesuai yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase dan kalimat yang diperdengarkan. Mencari dari banyak sekali sumber informasi perihal struktur kalimat dalam isi teks verbal terkait topik perihal “jam”. Melafalkan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat yang menanyakan jam dan jumlah ismiyah. Menentukan isi wacana verbal maupun goresan pena secara perorangan maupun berkelompok. Merangkaikan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah perihal “jam”dan jumlah ismiyah. Menentukan struktur jumlah ismiyah perihal “jam” dan jumlah ismiyah Mencoba mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah, maupun internet sesuai dengan kaidah jumlah ismiyah..Mengasosiasikan:
4.1 Mendemonstrasikanungkapan informasi verbal dan goresan pena sederhana perihal topikةعاسلاdenganmemperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yangbenar dan sesuai konteks ةلملجا ؛ةعاسلا نع ةلئسأ؛ةيسملاا  Menyimak wacana dari bunyi guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Memperhatikan struktur kalimat-kalimat dalam isi teks verbal sesuai konteks. Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran kata terkait topiktentang “jam” dengan tepat Mengamati teks yang terdapat pertanyaan-pertanyaan tentang“jam” dan jumlah ismiyahMenanya: Melakukan tanya jawab sederhana terkait topik perihal “jam”. Melakukan obrolan (hiwar) terkait topik perihal “jam”. Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru terkait topik perihal “jam” secara lisan Menanyakan perihal jumlah ismiyah yang belum difahamiMengeksplorasi: Melafalkan kata/frase/kalimat terkait topik perihal “jam” sesuai yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frase dan kalimat yang diperdengarkan. Mencari dari banyak sekali sumber informasi perihal struktur kalimat dalam isi teks verbal terkait topik perihal “jam”. Melafalkan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat yang menanyakan jam dan jumlah ismiyah. Menentukan isi wacana verbal maupun goresan pena secara perorangan maupun berkelompok. Merangkaikan kata/frase/kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah perihal “jam”dan jumlah ismiyah. Menentukan struktur jumlah ismiyah perihal “jam” dan jumlah ismiyah Mencoba mengungkapkan dan memahami kata/frase/kalimat yang terdapat dari buku teks, majalah, maupun internet sesuai dengan kaidah jumlah ismiyah..Mengasosiasikan: BentukPenilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio
 Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkaittopik perihal “jam”. Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, arahan dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia. Menemukan makna kata dalam teks terkait topik perihal “jam” Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topiktentang “jam” Membedakan penggunakan kata untuk mubtada’ dan khabar Mencari informasi umum terkait topik perihal “jam” dari suatuwacana lisan/tulisan. Menemukan makna kata dalam teks terkait topik perihal “jam” Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topiktentang “jam”.Mengkomunikasikan: Memperagakan sesuai dengan kata, frase dan kalimat yang diperdengarkan. Menyampaikan isi wacana tulis terkait topik perihal “jam”secara verbal atau tulisan Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan terkait topiktentang “jam” secara verbal atau tulisan. Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, arahan dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah perihal jumlah ismiyah Menyusun karangan sederhana terkait topik perihal “jam”.
1.2 Meyakini adanyamotivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab2.2 Menunjukkan Afektif:- Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab- Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dan tanggungjawab.  Pengamatan Penilaiandiri Penilaian antar teman Jurnal Pengamatan 12 JP
perilaku motivasi  Penilaiandiri
internal (intrinsik)untuk pengembangan kemampuanberbahasa  Penilaian antar teman Jurnal topik- Internet / VCD-
3.2 Memahami bunyi,makna, dan gagasan dari kata, frase,kalimat bahasa Arab sesuai denganstruktur kalimat yang berkaitan dengan topik :ةسردلما في انتايموي baik secara verbal maupun tertulis - Mufradat, hiwar, qira’ahdan kitabah tentangةسردلما في انتايموي- Pengenalan tarkib sebagai berikut:؛درفلما لعافلاو ةيلعفلا ةلملجاهب لوعفلما Mengamati : Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Mencocokkan gambar dengan kosa kata/mufrodat yang didengar. Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian kita di madrasah” yang berkaitan dengan struktur jumlah fi’liyah dan fa’ilmufrad dan maf’ul bih.Menanya: Melakukan tanya jawab sederhana perihal tema/topik “keseharian kita di madrasah” . Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan. Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”secara lisan.Mengeksplorasi: Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film. Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah jumlahfi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.. Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah jumlah fi’liyahdan fa’il mufrad dan maf’ul bih. Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan. Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah yang dipelajari.Mengasosiasikan: Membandingkan antara kalimat jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.terkait topik yang dipelajari. Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian BentukPenilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan topik- Internet / VCD-
4.2 Mendemonstrasikanungkapan informasi verbal dan goresan pena sederhana perihal topikةسردلما في انتايموي dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks - Mufradat, hiwar, qira’ahdan kitabah tentangةسردلما في انتايموي- Pengenalan tarkib sebagai berikut:؛درفلما لعافلاو ةيلعفلا ةلملجاهب لوعفلما Mengamati : Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Mencocokkan gambar dengan kosa kata/mufrodat yang didengar. Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian kita di madrasah” yang berkaitan dengan struktur jumlah fi’liyah dan fa’ilmufrad dan maf’ul bih.Menanya: Melakukan tanya jawab sederhana perihal tema/topik “keseharian kita di madrasah” . Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan. Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”secara lisan.Mengeksplorasi: Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan oleh model ucapan guru/kaset/film. Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah jumlahfi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.. Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah jumlah fi’liyahdan fa’il mufrad dan maf’ul bih. Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan. Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah yang dipelajari.Mengasosiasikan: Membandingkan antara kalimat jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.terkait topik yang dipelajari. Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian BentukPenilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio topik- Internet / VCD-
kita di madrasah” Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topik“keseharian kita di madrasah” Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar Mencari informasi umum/tema/topik “keseharian kita di madrasah”dari suatu wacana lisan/tulisan. Menemukan makna kata dalam teks perihal topik “keseharian kita di madrasah” Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan: Mengungkapkan perintah dan berita Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik “keseharian kitadi madrasah” secara verbal atau tulisan. Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.. Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah” sesuai kaidah jumlah fi’liyah dan fa’il mufrad dan maf’ul bih.. Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara verbal maupun tulisan.Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik “keseharian kita di madrasah”
1.3 Mengamalkan sikapamanah sebagai anugerah Allah untukmempraktikkan bahasaArab sebagai bahasa komunikasiinternasional danpengantar dalam mengkaji khazanah keislaman2.3 Menunjukkan sikap Afektif:- Guru membiasakan sikap amanah- Guru memotifasi untuk berbicara memakai bahasa arab  Pengamatan Penilaian diri Penilaian antar teman Jurnal Pengamatan 12 JP
dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan  Penilaian antar teman Jurnal
pengantar dalammengkaji hazanah keislaman
3.3 Memahami bunyi,makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan strukturkalimat yang berkaitan dengan topik :تيبلا في انتايموي baik secara verbal maupun tertulis - Mufradat, hiwar, qira’ahdan kitabah tentangتيبلا في انتايموي- Pengenalan tarkib sebagai berikut:عملجا عاونأو ناتلملجا Mengamati : Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar. Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian kita di rumah”Menanya: Melakukan tanya jawab sederhana perihal tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari. Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “keseharian kita di rumah”. Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah”. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” secara lisan.Mengeksplorasi: Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film. Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan. Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macamdhamir jamak”.Mengasosiasikan: Membandingkan antara jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah terkait topik yang dipelajari. Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari BentukPenilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan
4.3 Mendemonstrasikanungkapan informasi verbal dan tulisansederhana perihal topikتيبلا في انتايمويdenganmemperhatikan struktur teks danunsur kebahasaanyang benar dan sesuai konteks - Mufradat, hiwar, qira’ahdan kitabah tentangتيبلا في انتايموي- Pengenalan tarkib sebagai berikut:عملجا عاونأو ناتلملجا Mengamati : Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat Mendengarkan kata-kata yang pengucapannya mirip Menyimak wacana sambil memperhatikan model guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar. Mengamati teks yang terdapat dalam bacaan “keseharian kita di rumah”Menanya: Melakukan tanya jawab sederhana perihal tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari. Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan terkait topik “keseharian kita di rumah”. Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah”. Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sobat atau guru sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” secara lisan.Mengeksplorasi: Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan sesuai model ucapan guru/kaset/film. Merangkaikan kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. Menyusun kata, dan kalimat sederhana sesuai kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macam dhamir jamak”. Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan. Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macamdhamir jamak”.Mengasosiasikan: Membandingkan antara jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah terkait topik yang dipelajari. Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” yang dipelajari BentukPenilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio
 Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topik“keseharian kita di rumah” yang dipelajari Membedakan penggunakan kata untuk mu’anats dan mudzakkar Mencari informasi umum/tema/topik “keseharian kita di rumah”dari suatu wacana lisan/tulisan. Menemukan makna kata dalam teks Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan: Mengungkapkan perintah dan berita Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara verbal atau tulisan. Menyusun kata/frase yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah kaidah “jumlah ismiyah dan fi’liyah dan macam-macamdhamir jamak”. Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” sesuai kaidah yang dipelajari. Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah” secara verbal maupun tulisan. Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik “keseharian kita di rumah”
Demikian goresan pena perihal

Download Silabus Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

0 Response to "Silabus Bahasa Arab Mts Kelas Delapan (8/Viii) Kurikulum 2013"

Post a Comment