Komplit - 55+ Pola Soal Latihan Un Bahasa Indonesia Sd + Kunci Jawaban

December 15, 2018
55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban - Halo adik adik, pada kesempatan kali ini kakak ingin mengembangkan beberapa pola soal latihan Ujian Nasional atau sering disebut dengan soal UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6 SD (Sekolah Dasar). Soal ini sudah kakak susun sebanyak 55 soal plus dengan kunci tanggapan yang disisipi dengan soal pilihan ganda dan essay. Untuk tanggapan secara keseluruhan sudah kakak sertakan dalam link download.

 Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD  Komplit - 55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban
55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban



Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD


55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.



A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan tanggapan yang benar !

1. Pertandingan sepakbola antara PSS melawan Persebaya berakhir dengan kemenangan Persebaya. Suasana pertandingan berlangsung sangat meriah. Para suporter telah membanjiri Stadion Maguwoharjo sebelum pertandingan dimulai. Mereka saling menjaga diri untuk tidak menciptakan keributan hingga pertandingan usai.
Makna kata suporter dalam paragraf tersebut ialah ….
A. penonton
B. pendukung
C. peminat
D. pemirsa

2. Bertani jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Petani sanggup memanen jagung sehabis tumbuhan berusia tiga setengah bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam jagung.
Ide pokok paragraf tersebut ialah ….
A. teknik bertani jagung
B. awal mula bertani jangung
C. tahapan bertani jagung
D. usia jagung dipanen

3. Air limbah yang berasal dari industri tekstil sangat berbahaya. Air itu mengandung racun. Racun tersebut sanggup mengganggu kesehatan manusia.
Makna kata limbah pada paragraf tersebut ialah ….
A. sesuatu yang tidak dipakai
B. sisa proses produksi
C. sisa materi industri
D. bahan sortiran pabrik

4. Pohon itu kelihatan pendek.
Antonim kata pendek dalam kalimat tersebut ialah ….
A. besar
B. tinggi
C. panjang
D. rimbun

5. Belanda ingin mengalahkan Diponegoro namun belum berhasil. Belanda berbohong untuk mengalahkannya. Pimpinan Belanda, akal-akalan mengajak Diponegoro berunding di Magelang. Akan tetapi, Diponegoro ditangkap. Beliau diasingkan ke Batavia, kemudian Manado. Akhirnya Diponegoro dipindahkan ke Makasar hingga wafat 8 Juni 1855.
Bagaimana cara Belanda mengalahkan Diponegoro?
Cara Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ….
A. penangkapan
B. penipuan
C. pengasingan
D. penculikan

6. Setiap sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya ialah membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa semakin luas.
Mengapa literasi perlu digalakkan?
Literasi perlu digalakkan ….
A. agar sanggup membaca buku sebelum pelajaran dimulai
B. untuk menumbuhkan kebiasaan dalam membaca
C. supaya pengetahuan membaca kita semakin banyak
D. agar wawasan buku yang kita baca semakin luas

7. Kita sanggup menciptakan kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di daerah teduh. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pembusukan.
Jika timbunan sampah dedaunan tidak diletakkan di daerah teduh yang terjadi ialah ….
A. tempat teduh akan mempercepat pembusukan
B. kelembaban udara mempercepat dedaunan busuk
C. sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk

8. Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat! Erwin : “Han, ayahmu berada di rumah?”
Hani : “Tidak. Kau jadi akan berguru cara mencangkok pohon?”
Erwin : “Ya. Dimana beliau?” Hani : “Ayahku masih bekerja.” Erwin : “Kapan ia pulang?” Hani : “Biasanya sore.”
Erwin : “Baiklah, nanti sore saya kembali ke sini.”

Topik teks percakapan tersebut ialah ….
A. belajar mencangkok pohon
B. mencangkok pohon bersama
C. rencana berguru mencangkok
D. cara mencangkok pohon

9. Baca cuplikan teks laporan berikut dengan cermat!
Siswa kelas VI SD Mulia mengadakan kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta terletak di dalam area Kraton Yogyakarta. Di dalam museum, para siswa sangat tertib dan bersikap sopan. Siswa tidak memegang barang yang dihentikan disentuh. Mereka mengamati benda koleksi museum dengan tenang.
Isi laporan tersebut ialah ….
A. ketertiban siswa kelas VI SD Mulia di dalam Museum Kraton Yogyakarta
B. siswa SD Mulia mengamati bangunan-bangunan di dalam Kraton Yogyakarta
C. pada Selasa, 9 Januari 2018, siswa kelas VI SD Mulia mengunjungi kraton
D. Museum Kraton Yogyakarta menerapkan aneka macam peraturan bagi pengunjung.

10. Perhatikan cuplikan pidato berikut!
Teman-teman, waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, jikalau tidak ingin kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih. Dengan demikian kita sanggup melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah berguru dengan lebih rajin semoga mendapat nilai ujian yang memuaskan!
Isi pidato tersebut ialah ….
A. belajar rajin semoga memperoleh nilai ujian sekolah yang memuaskan
B. siswa dihentikan terlena terhadap nilai ujian sekolah yang memuaskan
C. setelah lulus, siswa sekolah dasar harus melanjutkan ke sekolah lanjutan
D. siswa yang bermalas-malasan niscaya tidak sanggup melanjutkan ke sekolah lanjutan

11. Cara menciptakan permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana. Kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter. Setiap kayu tersebut dibuat ibarat sandal raksasa. Jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter.
Kalimat utama paragraf tersebut ialah ….
A. cara menciptakan permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana
B. kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter
C. setiap kayu tersebut dibuat bantalan kaki dengan ukuran yang sangat besar
D. jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter

12. kita wajib mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru. Segeralah mengerjakan PR dan hindari menunda pekerjaan. Jangan malas mengerjakan PR. Jangan menghindari PR yang sulit. Kita harus optimistis sanggup mengerjakan PR sesulit apapun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah ….
A. kita dihentikan menghindari pekerjaan rumah yang diberikan guru
B. pekerjaan rumah (PR) merupakan kiprah yang diberikan guru di rumah
C. optimistis akan membawa kita berhasil dengan mengerjakan PR yang sulit
D. menunda mengerjakan PR berarti mempersulit kiprah yang harus dikerjakan

13.
Teks 1
Hampir empat tahun Andi merantau di Tangerang. Andi menjadi buruh pabrik elektronik. Selama itu, belum sekalipun Andi pulang ke kampung halaman sebab kesibukannya. Keluarga sangat merindukan Andi. Mereka berharap tahun depan Andi pulang.
Teks 2
Arif seorang administrator di perusahaan. Belum lama ini perusahaan Arif membuka cabang di Tangerang. Ia ditugaskan di cabang gres itu. Perusahaannya berkembang pesat sehingga membuatnya sibuk. Ia tidak pernah pulang kampung.
Perbedaan isi kedua teks tersebut ialah ….
A. mereka bekerja di bidang ekonomi
B. jenjang karir mereka di perusahaan
C. kesibukan yang mereka alami
D. mereka bukan warga orisinil Tangerang

14. Beberapa tahapan perlu diperhatikan ketika kita becocok tanam. Kita perlu menyiapkan media tanam yang baik. Pemilihan bibit akan memengaruhi pertumbuhan tanaman. Pemupukan perlu dilakukan semoga tumbuhan tumbuh subur. Pengairan yang cukup menciptakan tumbuhan terpenuhi kebutuhan airnya. Hama harus diberantas semoga tidak mengganggu tanaman.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut ialah ….
A. pemupukan yang berlebihan menciptakan pertumbuhan tumbuhan lebih cepat
B. hama tidak akan muncul lagi sehabis dilakukan pemberantasan
C. air merupakan salah satu unsur yang sangat diharapkan tanaman
D. pemilihan hibrida dilakukan semoga tumbuhan terhindar dari hama

15. Siswa kelas VI SD Merapi mengadakan kunjungan ke peternakan sapi. Disana, mereka akan berguru aneka macam hasil peternakan. Sekar, Leny, Bayu, dan Richi berguru menciptakan camilan. Dani, Rafa, Novi, dan Tuti mendengarkan pemandu mengambarkan cara menciptakan yoghurt. Sedangkan Vino, Andi, Caca, dan Nabila berguru memerah.

Ilustrasi tersebut disajikan dalam tabel berikut:

Camilan
Yoghurt
Pemerahan
Sekar
Dani
Vino
Leny
Andi
Novi
Richi
Tuti
Nabila

Isian yang tepat untuk melengkapi tabel camilan, yoghurt, dan pemerahan ialah ….
A. Rafa; Bayu; Caca
B. Bayu; Rafa; Caca
C. Caca; Rafa; Bayu
D. Bayu; Caca; Rafa

16. Adisucipto menempuh pendidikan di aneka macam kota. Beliau menamatkan pendidikan setingkat SD di HIS Muntilan. Kemudian, Adisucipto melanjutkan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama di MULO St. Louis Ambarawa. Setelah lulus, Adisucipto masuk AMS yang merupakan pendidikan setingkat Sekolah Menengan Atas di Semarang. Setamat AMS, Adisucipto melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Adisucipto tidak menamatkan pendidikannya di sekolah ini. Ia pindah ke Sekolah Penerbangan Belanda di Kalijati, Jawa Barat.
Jenis paragraf tersebut ialah …. (penjelasan wacana jenis paragraf/karangan sanggup dibaca disini)
A. narasi
B. deskripsi
C. argumentasi
D. persuasi

Cerita untuk soal nomor 17 dan 18

“Begini Intan, ketika ini ekspresi dominan penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah disini termasuk sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama. Nah, selagi air melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami padi. Padi termasuk tumbuhan yang membutuhkan banyak air. Makara ekspresi dominan hujan begini ketika paling tepat untuk menanam padi. Namun, tidak berarti petani disini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada ekspresi dominan kemarau, ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada juga petani yang menanam buah- buahan, ibarat semangka dan melon,” Paman Danu menjelaskan.

“Selain itu, yang ditanam pada ekspresi dominan kemarau apa, Paman?” Tanya Intan lagi. “Yang ditanam antara lain palawija, contohnya kacang tanah, jagung, atau kedelai.”
“Mengapa petani menanam sayuran dan palawija pada ekspresi dominan kemarau, Paman?” Tanya Intan.

Paman Danu pun menjelaskan, “Hal ini sebab tumbuhan sayuran dan palawija termasuk kurang cocok ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tumbuhan tersebut tidak memerlukan air.” “Semua tumbuhan membutuhkan air. Namun, tumbuhan sejenis palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah daerah tumbuhan itu tumbuh dihentikan berair atau tergenang air terus- menerus. Jika air hingga menggenang terus-menerus, akar atau batangnya sanggup membusuk,”tambah Paman Danu.

17. Bagaimana cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah?
Cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah dengan ….
A. membuat sawah tadah hujan untuk ditanami sayuran
B. menanam palawija di sawah tadah hujan
C. menanam padi di sawah tadah hujan
D. mengalirkan air ke sawah dan ladang

18. Mengapa tumbuhan palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus? Tanaman palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus sebab ….
A. buah pada flora palawija akan membusuk jikalau terlalu banyak air
B. daun tumbuhan palawija akan membusuk jikalau tanahnya tergenang air
C. tanaman palawija membutuhkan banyak air di waktu tertentu untuk tumbuh
D. akar atau batang tumbuhan palawija akan membusuk jikalau terlalu banyak air Cerita untuk soal nomor 19-21

Ibu Kelinci tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Mereka tinggal berdekatan dengan keluarga ayam. Suatu hari, Ibu Kelinci ingin pergi ke suatu lembah. Ia berpesan semoga anaknya tidak membuka pintu rumah, kecuali untuknya. Agar anaknya tidak salah mengenali, Ibu Kelinci mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan di depan pintu, maka Ibu Kelinci yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui, ternyata Musang ikut mendengarkan lagu tersebut.

Ibu Kelinci karenanya pergi. Musang segera tiba ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya tadi. Mendengar lagu itu, anak kelinci menjadi ragu. Bukankah ibunya gres saja pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak ibarat bunyi ibunya. Haruskah ia membuka pintu?

Namun anak kelinci tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu. Ia melihat sepasang kaki milik musang. Anak kelinci berteriak sehingga Pak Ayam dan keluarganya bedatangan. Musang ketakutan dan segera pergi menuju goa.

19. Tokoh utama kisah tersebut ialah ….
A. Ibu kelinci
B. Anak kelinci
C. Musang
D. Pak ayam

20. Latar daerah kisah tersebut ialah ….
A. dalam hutan
B. dalam goa
C. depan rumah
D. suatu lembah

21. Watak anak kelinci pada kisah tersebut ialah ….
A. peduli
B. cerdik
C. ragu
D. takut

Cerita untuk soal nomor 22-28

Induk Ayam dan Burung Elang hidup berdampingan dengan rukun. Keduanya saling menolong dalam keseharian. Suatu hari Induk Ayam mendatangi Elang. Malam itu, Induk Ayam mendapat permintaan pesta. Ia bermaksud meminjam cincin yang indah milik elang. Sambil menyerahkan cincin, Elang berpesan, “Hati-hati, benda ini sangat berharga bagiku. Kalau hilang, nyawa anak-anakmu sebagai jaminannya.”
Induk Ayam sangat menikmati pesta yang meriah itu. Ia menjadi sentra perhatian kaum ayam. Semua mengagumi cincin yang dipakainya. Ia menari mengikuti alunan musik bersama teman-temannya. Semaraknya suasna menciptakan Induk Ayam lupa pada anak serta cincin di cakarnya. Karena lelah, ia terlelap tidur. Keesokan hari, ia teringat pada cincin Burung Elang. Induk Ayam menengok kakinya. “Hah, celaka aku!” Dengan panik, dikoreknya setiap gundukan tanah. Ia mencari-cari cincin itu. Karena lelah, karenanya ia melapor kepada Burung Elang. Burung Elang sangat murka. Ia mengancam akan mengambil belum dewasa ayam. Sampai kini, induk ayam masih terus mengais tanah. Ia berusaha melindungi anak-anaknya dari buruan elang.

22. Kesimpulan kisah tersebut ialah ....
A. burung elang berhasil memburu belum dewasa ayam
B. kedua sahabat itu saling mengingkari perjanjiannya
C. induk ayam sudah tidak mencari cincin milik burung elang
D. persahabatan keduanya tercederai akhir ulah induk ayam

23. Induk Ayam menengok kakinya,”Hah, celaka aku!”
Maksud pernyataan dalam penggalan kisah tersebut ialah ....
A. induk ayam mengalami kehilangan ketika pesta malam itu
B. cincin yang digunakan induk ayam hilang dari cakarnya
C. induk ayam terkejut sebab cincin yang dipakainya musnah
D. burung elang mengancam induk ayam yang menghilangkan cincin

24. Hal yang akan terjadi jikalau induk ayam tidak pergi ke pesta malam itu ialah ....
A. induk ayam tidak perlu melindungi anaknya
B. cincin burung elang menjadi milik induk ayam
C. pesta kaum ayam tidak akan meriah malam itu
D. induk ayam tidak meminjam cincin burung elang

25. Awal konflik kisah tersebut ialah ....
A. induk ayam dan burung elang hidup berdampingan
B. induk ayam mendapat permintaan pesta pada malam itu
C. induk ayam menghilangkan cincin yang indah milik elang
D. induk ayam meminjam cincin milik elang dengan perjanjian

26. Amanat yang terkandung pada kisah tersebut ialah ....
A. kita harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap barang pinjaman
B. berlebihan ketika melaksanakan pesta akan menjadikan malapetaka
C. kita harus mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya
D. kita harus berusaha untuk menghadiri permintaan yang diterima

27. Tema kisah tersebut ialah ....
A. budi pekerti
B. kegemaran
C. kegiatan
D. hiburan

28. Nilai moral positif tokoh induk ayam dalam penggalan kisah tersebut ialah ....
A. jujur atas segala kesalahan yang dilakukannya
B. menepati perjanjian yang sudah disepakati
C. berusaha keras menyenangkan sahabatnya
D. suka menjalin persahabatan dengan burung

Syair untuk soal nomor 29 dan 30.

Semua bermula dari hati Hati higienis hingga sanubari
Manusia jangan melangit tinggi Banyak orang tak simpati

29. Manusia jangan melangit tinggi.
Makna melangit pada kalimat tersebut ialah ....
A. mulia
B. hebat
C. angkuh
D. kaya

30. Banyak orang tak simpati Maksud syair tersebut ialah ....
A. kita harus memulai menata hati semoga dicintai orang
B. manusia yang berhati higienis niscaya akan bahagia
C. banyak orang simpati pada orang yang tinggi
D. manusia yang arogan tidak disukai orang

31. Pada pelajaran IPS, siswa kelas V SD Mulia mendapat kiprah menciptakan .... Tugas ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi wacana R.A. Kartini. Untuk mendapat informasi tersebut, siswa sanggup memanfaatkan surat kabar dan majalah. Kemudian, hasilnya dijilid menjadi buku.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ....
A. brosur
B. tabloid
C. kliping
D. mading

32. Petunjuk penggunaan blender disusun secara acak:
(1) Pastikan blender dalam keadaan off, kemudian tancapkan steker!
(2) Siapkan blender dan materi yang akan dilumatkan!
(3) Matikan blender, cabut steker dan tuangkan isinya ke wadah!
(4) Masukkan materi yang akan dilumatkan!
(5) Tekan tombol on dan tunggu hingga materi lumat!

Urutan penggunaan blender yang tepat ialah ....

A.   (4)-(1)-(2)-(5)-(3)
B.   (4)-(2)-(3)-(1)-(5)
C.   (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
D.   (2)-(4)-(1)-(5)-(3)

33. Pedagang grosir itu membuatkan kuwitansi pembelian satu kuwintal gula inport. Penulisan kata kuitansi, kuwintal, dan inport yang tepat untuk kalimat tersebut ialah ....
A. kuitansi, kuintal, impor
B. kwitansi, kuintal, inpor
C. kuitansi, kwintal, import
D. kwitansi, kuintal, import

34. Energi alternatif sanggup menghemat energi fosil. Energi sebagai pengganti solar. Bahan pembuatan
energi ini dari flora kelapa sawit, jarak, dan nyamplung.
A. biodiesel
B. biodisel
C. bio diesel
D. bio disel

35. Cermati kalimat-kalimat petunjuk berikut!
(1) Masukkan bentukan bakso ke air mendidih, angkat jikalau sudah mengapung!
(2) Rebus air dalam panci hingga mendidih!
(3) Tuangkan campuran daging ke dalam wadah yang sudah diberi bumbu!
(4) Campurkan tepung kanji, kemudian lumatkan hingga kalis!
(5) Ambil campuran daging dengan tangan kemudian dibuat bulat!

Urutan petunjuk menciptakan bakso daging yang tepat ialah ....

A.   3-4-5-2-1
B.   3-4-1-5-2
C.   3-4-2-1-5
D.   3-4-2-5-1

36. Dian memang , ia suka berderma.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
A. besar hati
B. lurus hati
C. murah hati
D. teguh hati

37. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Akar serabut
(2) Daunnya menjuntai ibarat pita
(3) Tanaman padi mempunyai akar, batang, dan daun yang khas
(4) Batangnya berongga

Susunan kalimat acak semoga menjadi paragraf deskripsi ialah ....

A.   3-4-1-2
B.   3-1-2-4
C.   3-2-1-4
D.   3-1-4-2

38. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Di toko itu, ia menentukan beberapa buku kisah dan kamus
(2) Budi pergi ke Toko Buku Sari Ilmu kemarin sore
(3) Budi membayar sesuai dengan harga yang ditentukan
(4) Budi meninggalkan toko
(5) Ia mengantre di depan kasir untuk membayar

Urutan kalimat yang tepat semoga menjadi paragraf narasi ialah ....

A.   2-1-3-5-4
B.   2-1-4-5-3
C.   2-1-5-4-3
D.   2-1-5-3-4

39. Pada Senin, 2 Oktober 2017, SD Mulia melaksanakan upacara. Upacara tersebut untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari itu bertepatan dengan Hari Batik Nasional. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut ialah ....
A. Peserta upacara mengenakan pakaian batik
B. Amanat upacara berkaitan dengan sejarah batik
C. Setelah upacara, semua siswa membeli kain batik
D. Setiap Hari Kesaktian Pancasila, siswa mengenakan batik

40. Perhatikan kalimat iklan berikut!
Ayo, ekonomis air! Setetes air ialah ....
Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut ialah ....
A. kesempurnaan
B. keberhasilan
C. keindahan
D. kehidupan

41. Perhatikan cuplikan teks pidato berikut!
Salah satu jadwal pendidikan adat berlalu lintas ialah senam kemudian lintas. Tadi pagi, Bu Sari berpesan supaya kita melaksanakan senam kemudian lintas. Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk berlatih dengan tekun. Latihan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2017. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut ialah ....
A. Marilah, kita berterimakasih kepada Bu Sari yang telah membimbing kita!
B. Oleh sebab itu, mari kita mengundang Bu Sari semoga kegiatan ini lancar!
C. Marilah, kita berpartisipasi dalam kegiatan latihan senam tersebut!
D. Oleh sebab itu, mari kita minta izin kepada kepala sekolah!

42. Bupati Sleman tanda tangan prasasti peletakan kerikil pertama gedung baru. Penggunaan kata berimbuhan tanda tangan yang tepat ialah ....
A. Menandatangani
B. mentanda tangani
C. menanda tangani
D. menandatangani

43. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pukul 05.00, Budi berdiri tidur.
(2) Kemudian, ia membersihkan sangkar ayam di belakang rumah
(3) Memang, Budi rajin dan senang membantu orang tua
(4) Ia merapikan daerah tidurnya terlebih dahulu
(5) Setelah selesai, Budi mandi dan siap ke sekolah

Urutan kalimat yang tepat semoga menjadi paragraf padu ialah ....

A.   1-4-3-2-5
B.   1-4-2-5-3
C.   3-1-2-4-5
D.   3-1-2-5-4

44. Perhatikan teks percakapan berikut!
Rosi : “Ra, kau pernah dengar belum?”
Tiara : “Apa itu, Ros?”
Rosi : “Kata orang, energi fosil di bumi kita ini sudah hampir habis.”
Tiara : “Lantas, mau apa?”
Rosi : “...”
Tiara : “Ayo!”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut ialah ....
A. Mari kita perbarui energi fosil!
B. Mari kita menambah energi fosil!
C. Mari kita menghemat energi fosil!
D. Mari kita cegah penggunaan energi fosil!

45. Perhatikan gambar berikut!

Kalimat yang sesuai untuk mendeskripsikan gambar tersebut ialah ....
A. Ada pohon pisang, batangnya lunak, dan tidak bercabang.
B. Ada pohon pisang, buahnya bertandan, dan mempunyai tunas.
C. Ada pohon pisang, batangnya berpelepah, dan berbuah manis.
D. Ada pohon pisang, buahnya kuning, dan berkembanbiak dengan tunas.

46. Ketika pelajaran olahraga. Tono jatuh dan lututnya berdarah ketika memraktikkan loncat tinggi. Nita mencari daun obat merah di area apotek hidup.
Kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut ialah ....
A. olahraga
B. memraktikkan
C. apotek hidup
D. loncat tinggi

47. “Han, sanggup kan kau berlari cepat!” kata Hanafi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah ....
A. tanda petik (“)
B. tanda koma (,)
C. tanda seru(!)
D. tanda titik(.)

48. Sudah satu ahad belum dewasa berlibur di desa.
Penulisan ejaan yang benar pada kalimat tersebut ialah ....
A. Sudah satu minggu, belum dewasa berlibur di desa.
B. Sudah satu Minggu, belum dewasa berlibur di desa.
C. Sudah satu Minggu, belum dewasa berlibur di Desa.
D. Sudah satu minggu, belum dewasa berlibur di Desa.

49. Ibu membeli sayuran (...) bayam (...) cabe (...) dan tomat (. )
Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut ialah A. ( : ) ; ( . ) ; ( , ) ; ( . )
B.    ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( , )
C.    ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )
D.   ( ; ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )

50. Ibu berkata Kerjakan dulu semua tugasmu Nak
Tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut ialah ....
A. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak.”
B. Ibu berkata; “Kerjakan dulu semua tugasmu. Nak!”
C. Ibu berkata “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”
D. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”


II. Jawablah pertanyaan berikut dengan lengkap dan benar!

51. Mengkudu merupakan buah yang baunya kurang disukai banyak orang. Meskipun demikian, mengkudu menciptakan kita menjadi lebih sehat bila dikonsumsi. Mengkudu mengandung banyak zat yang diharapkan oleh badan kita. Banyak penyakit yang sanggup disembuhkan oleh buah tersebut. Salah satu contohnya mengkudu sanggup menyembuhkan batuk.
Tulislah simpulan paragraf tersebut!


52. Sebutkan 4 keteladanan tokoh Avin dalam kisah berikut!
Avin dan Avan ialah kakak beradik. Mereka mempunyai kebiasaan yang berbeda. Avin menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung, sedangkan Avan selalu menghabiskan uang sakunya. Avin selalu menasihati Avan semoga menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Akan tetapi, Avan tidak pernah menghiraukan nasihan Avin.
Tabungan Avin semakin hari semakin banyak. Tabungan tersebut dia gunakan untuk membeli sepatu baru. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa sedih tidak sanggup membeli sepatu gres ibarat Avin. Diam-diam avin juga membelikan sepatu gres untuk Avan dengan uang tabungannya. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa senang dan berterima kasih kepada Awin.

53. Sungguh banyak pasir pantai Berkilau kena cahaya bulan Jadilah siswa yang pintar Biar senang di hari depan
Tulislah pesan yang terkandung dalam pantun tersebut!


54. Tadi sore Ayah di teras belakang membaca koran sambil minum kopi. Bau kopi tercium hingga ruang tamu. Kopi tersebut buah tangan dari paman. Kopi tersebut orisinil Lampung.
Perbaikilah tata kalimat yang dicetak miring tersebut dengan benar! (Pedoman penggunaan karakter kapital sanggup dibaca disini)

55. Paraguay menjuarai piala amerika selatan yang pertama pada kejuaraan futsal tahun 1965. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979. Semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan 1984.
Perbaikilah kalimat yang dicetak miring dengan ejaan yang tepat!


Kunci Jawabannya

1.B 11.A 21.B
2.C 12.A 22.D
3.B 13.B 23.C
4.B 14.C 24.D
5.B 15.B 25.D
6.B 16.B ... sd
7.C 17.C
8.C 18.D
9.A 19.A
10.A20.A
Jawaban 26 dan seterusnya ada di link download

Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD  Komplit - 55+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban
Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD   File ini dalam Bentuk .doc File Size 119Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal un sd bahasa indonesia 2019
    • soal un sd bahasa indonesia 2018
    • prediksi soal un sd 2018 dan pembahasannya
    • soal un bahasa indonesia kelas 6
    • latihan soal un sd dan pembahasannya
    • soal usbn bahasa indonesia sd 2018
    • latihan soal un sd 2018
    • soal ujian nasional sd 2018
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    0 Response to "Komplit - 55+ Pola Soal Latihan Un Bahasa Indonesia Sd + Kunci Jawaban"

    Post a Comment