45+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban (Paket B) |
Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD
45+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban (Paket B) - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Kita bisa memanfaatkan lahan kosong untuk hal-hal yang bermanfaat. Buatlah kolam biar ikannya bisa dimanfaatkan untuk menambah gizi keluarga. Lakukan penanaman pohon sebagai penghasil oksigen yang sangat kita perlukan. Selain itu, buatlah biopori untuk menyerap air hujan.
Makna kata gizi pada paragraf di atas yaitu ....
A. Makanan yang dibutuhkan oleh insan dalam kondisi sakit
B. Zat kuliner pokok yang diharapkan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh
C. Makanan yang diharapkan oleh insan ketika tubuh bekerja sangat keras
D. Kandungan kuliner yang baik bagi badan
2. Tikus, wereng, ulat, dan gulma sering menyerang tumbuhan padi. Hama-hama tersebut sanggup diberantas dengan obat-obatan menyerupai herbisida untuk membunuh gulma, pestisida untuk membutuh tikus, insektisida untuk membunuh serangga, dan fungisida untuk memberantas jamur. Jadi, tumbuhan padi perlu dijaga dari serangan hama biar sanggup tumbuh dengan subur.
Ide pokok paragraf tersebut yaitu ....
A. Berbagai macam hama
B. Obat pemberantas hama
C. Menjaga padi dari hama
D. Cara memberantas hama
3. Manusia membutuhkan nutrisi untuk tumbuh. Tanpa nutrisi dari makanan, tubuh kita tidak sanggup menjaga suhunya, tidak sanggup memperbaiki jaringan, dan tidak sanggup memelihara detak jantung dengan baik. Apabila tubuh tidak mendapatkan nutrisi, maka tubuh menjadi lemah dan daya tahan tubuh berkurang.
Makna istilah nutrisi dalam paragraf tersebut yaitu kuliner ....
A. pokok
B. bergizi
C. seimbang
D. tambahan
4. Penjahat itu menodongkan pistol untuk menakuti korban perampokan. Sinonim menodongkan pada kalimat tersebut yaitu ....
A. mengarahkan
B. menembakkan
C. menghadapkan
D. mengalamatkan
Teks untuk menjawab soal nomor 5 – 7
Kerja Bakti
Sebentar lagi musim hujan akan tiba. Pak RT sudah mulai mengumumkan secara verbal kepada semua warga dari rumah ke rumah biar lingkungan di sekitar RT 9 dibersihkan. Semua warga menyambut baik acara tersebut. Kerja bakti itu akan dilaksanakan pada hari Minggu pada ketika semua anggota keluarga berada di rumah.
Sepanjang kompleks RT 9, semua warga bersemangat membersihkan lingkungan. Selokan dibersihkan, sampah-sampah yang menyumbat dibuang sehingga air sanggup mengalir dengan lancar. Sampah yang terdapat di lingkungan RT 9 hanya sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah. Misalnya sisa makanan. Adapun sampah anorganik yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang sulit terurai secara alamiah menyerupai plastik dan kaleng. Semua sampah yang berada di sekitar RT 9 di buang ke tempat sampah. Namun, ada juga sampah yang dibakar dan ditimbun dengan tanah alasannya yaitu dijadikan sebagai sarang nyamuk.
Bapak-bapak membawa cangkul dan sekop. Alat-alat tersebut dipakai untuk membersihkan selokan dan rumput liar yang terdapat di pinggir jalan sehingga nampak higienis dan rapi. Anak-anak membantu orang bau tanah menyapu sampah-sampah dan rumput yang dicabut. Mereka semua bekerja dengan riang dan bersemangat. Mereka tahu bahwa yang bertanggungjawab membersihkan lingkungan yaitu mereka sendiri. Warga RT 9 selalu kompak dan selalu bekerja sama. Kerja bakti itu dilakukan hingga siang hari. Pada waktu istirahat, ibu-ibu menyuguhkan kuliner untuk warga. Wargapun menikmati kuliner dan minuman.
(buku bse Bahasa Indonesia hal4-5, Dian Sukmawati dkk)
5. Bagaimana cara bapak-bapak membersihkan selokan dan rumput liar?
A. Menyapu sampah-sampah dan rumput liar di sekitar selokan, sehingga kelihatan higienis dan rapi
B. Memisahkan sampah-sampah dengan rumput liar di sepanjang selokan, sehingga tampak higienis dan rapi
C. Menggunakan sabit dan cangkul untuk membersihkan rumput liar dan selokan, sehingga tampak higienis dan rapi
D. Menggunakan cangkul dan sekop untuk membersihkan selokan dan rumput liar, sehingga kelihatan higienis dan rapi.
6. Mengapa beberapa sampah anorganik ada yang dibakar dan ditimbun dengan tanah? Beberapa sampah anorganik ada yang dibakar dan ditimbun dengan tanah alasannya yaitu ....
A. Menimbulkan aneka macam pencemaran lingkungan
B. Dapat dijadikan sebagai sarang nyamuk
C. Menimbulkan amis yang tidak sedap
D. Dapat terurai secara alamiah
7. Hal yang akan terjadi apabila warga tidak mengetahui bahwa membersihkan lingkungan merupakan tanggung jawab mereka sendiri yaitu ....
A. Warga menjaga kebersihan lingkungan
B. Warga menjadi enggan melaksanakan kerja bakti
C. Warga gotong royong melaksanakan gotong royong
D. Warga melaksanakan kerja bakti dengan riang dan semangat
8. Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat!
Nadia: “Apa kuliner kesukaanmu, Lis?”
Alis : “Aku suka makan sayur-sayuran, kalau kamu?”
Nadia : “Aku suka kuliner kemasan. Mudah dan lezat. Mengapa makan sayuran?”
Alis : “Sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan kita”
Nadia : “Aku tidak suka sayuran alasannya yaitu bagiku itu tidak enak”
Alis : “Kesehatan lebih penting dari semua itu, Lis.”
Nadia : “Baiklah, saya akan membiasakan diri makan sayuran.”
A. Sayuran untuk pertumbuhan badan
B. Manfaat kuliner bagi kesehatan
C. Kegemaran Alis makan sayur
D. Larangan kuliner kemasaran
9. Acara pentas seni SD Sindangbarang menampilkan bermacam-macam karya. Siswa kelas IV menampilkan tarian jawa. Beberapa siswa menyajikan drama pendek. Kelas III menampilkan lagu kebangsaan. Beberapa siswa menampilkan atraksi sulap dengan berkelompok.
Isi laporan tersebut yaitu ....
A. Kelas III menampilkan lagu-lagu kebangsaan
B. Acara pentas seni SD Sindangbarang sangat meriah
C. Tarian jawa yang ditampilkan siswa kelas IV berasal dari daerah
D. Acara pentas seni SD Sindangbarang menyajikan aneka macam karya seni
10. Saudara-saudara yang saya hormati,
Makanan berpengawet kuat jelek bagi kesehatan kita. Jika dikonsumsi terus menerus akan mengakibatkan kerusakan sistem pernapasan, kanker hati, kanker paru-paru dan lain-lain. Mulailah dari kini kita mengurangi mengonsumsi kuliner berpengawet.
Isi pidato tersebut yaitu ....
A. Kelebihan makanan
B. Pentingnya menentukan makanan
C. Bahaya kuliner berpengawet
D. Berbagai macam kuliner berpengawet
11. (1) Penebangan hutan secara liar sanggup mengubah bentuk permukaan bumi. (2) Penebangan hutan secara liar sering dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. (3) Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal dan kebutuhan konsumtif manusia. (4) Banyak tempat yang dahulu merupakan lahan hijau, kini berkembang menjadi perumahan dan lahan perkebunan.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
Teks 1
Zaki sangat gemar memancing. Hampir setiap hari libur, ia memancing di sungai. Biasanya ia mendapatkan beberapa ekor ikan, ibunya menggoreng ikan-ikan tersebut untuk lauk.
Teks 2
Rehan pergi ke sebuah danau pada hari Senin, Ia memancing ikan di sana. Ia mendapatkan banyak ikan yang diperolehnya dan dilepaskan ke dalam kolam miliknya.
12. Persamaan kedua teks tersebut yaitu ... kegiatan.
A. jenis
B. waktu
C. tempat
D. pelaku
13. Makanan kemasan belum tentu masih layak untuk dikonsumsi. Periksa masa kadaluwarsa kuliner kemasan. Kita juga harus menyelidiki keutuhan kemasan. Jangan konsumsi kuliner yang rusak kemasannya. Baca kandungan makanannya.
Kalimat yang sempurna untuk menanggapi isi paragraf tersebut yaitu ....
A. kita dihentikan mengonsumsi kuliner yang kemasannya rusak
B. penderita penyakit dihentikan mengonsumsi kuliner kemasan
C. kita diperbolehkan mengonsumsi kuliner kemasan kalau terpaksa
D. makanan kemasan mengandung banyak sumber penyakit
14. beberapa siswa kelas VI SD Sembada menjadi petugas perpustakaan sekolah. Petugas perpustakaan tersebut menerima kiprah piket setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Pada setiap kegiatan, ditugaskan 3 orang siswa untuk piket di perpustakaan ketika jam istirahat. Dani dan Mirna bertugas setiap Senin. Anton dan Rani
bertugas setiap Rabu. Genta dan Dini bertugas setiap Jumat. Sandi bertugas pada hari yang sama dengan Genta. Weni bertugas pada hari yang sama dengan Mirna. Zidan bertugas pada hari yang sama dengan Anton.
Jadwal Petugas Perpustakaan SD Sembada
A. Weni, Anton, Genta
B. Dani, Rani, Zidan
C. Weni, Zidan, Dini
D. Dani, Rani, Sandi
15. Tingkat keamanan pengguna jalan harus diperhatikan terutama mengenai aksi-aksi pembegalan yang terus terjadi. Salah satu langkah yang sanggup dilakukan untuk mengurangi jumlah insiden pembegalan yaitu dengan membangun pos polisi di daerah-daerah rawan. Pengendara disarankan waspada ketika melintasi tempat yang sepi.
Jenis paragraf tersebut yaitu ....
A. argumentasi
B. deskripsi
C. persuasi
D. narasi
Teks untuk soal nomor 16 dan 17
Makanan yang kita makan sehari-hari sangat diharapkan bagi pertumbuhan. Untuk melaksanakan acara belajar, olahraga, dan bermain, kita perlu energi.
Makanan yang kita makan mempunyai kandungan zat yang berbeda keuntungannya bagi tubuh. Misalnya, zat hidrat arang atau disebut karbohidrat merupakan zat kuliner yang berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Sebaliknya kalau kita mengonsumsi kuliner yang mengandung banyak karbohidrat, kuliner tersebut akan disimpan menjadi lemak.
Zat hidrat arang terdapat dalam gula, tepung, butiran, dan akar-akaran. Jenis-jenis kuliner yang mengandung hidrat arang yaitu roti, beras merah, jagung, kentang, dan umbi-umbian.
16. Bagaimana kalau di dalam tubuh kita kelebihan zat hidrat? Jika kelebihan zat hidrat, maka zat tersebut akan ....
A. Disimpan menjadi lemak
B. Diubah menjadi tepung
C. Disimpan menjadi gula
D. Diubah menjadi energi
17. Mengapa kita memerlukan sumber energi? Kita memerlukan sumber energi alasannya yaitu ....
A. Memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh
B. Sangat diharapkan bagi pertumbuhan
C. Berguna untuk melaksanakan kegiatan
D. Untuk memenuhi zat hidrat dalam tubuh
Teks untuk nomor 18 – 20
Sudah beberapa hari ini, Belalang melihat Ular erat dengan Padi. Ia tidak bahagia dan merasa tersaingi.
Ketika Ular sedang sendiri, Belalang mendekat.
“Tuanku, akhir-akhir ini Tuan sering terlihat bersama Padi. Hamba takut kalau Tuan tertular kebodohannya.”
“Terimakasih, Lang. Kalau begitu saya akan berusaha menjauhinya,” jawab Ular.
Belalang merasa bahagia alasannya yaitu hasutannya berhasil. Ia pun pergi meninggalkan Ular.
“Apa benar yang dikatakan Belalang? Ah, akut tidak mau eksklusif percaya begitu saja! Aku harus menguji kepintaran Belalang dan Padi. Aku harus mengajukan pertanyaan yang sangat sulit untuk mereka berdua,” pikir Ular.
Ularpun balasannya menemukan pertanyaan yang sulit. Ia kemudian mengajukan pertanyaan itu pada Belalang dan Padi.
“Belalang, Padi, coba kalian lihat ke atas! Berapa ya jumlah bintang-bintang itu?” tanya Ular.
“Belalang dan Padi terus mengamati langit. Belalang beberapa kali menghitung jumlah bintang, tetapi tidak pernah cocok jumlahnya. Setiap beliau mengulang, jumlahnya berbeda terus.
“Padi, bagaimana kamu?” Ular bertanya kepada Padi.
Padi menjawab dengan tenang
“Jumlah bintang di langit sama dengan jumlah sisik yang Tuan Miliki.”
“Kamu jangan asal jawab saja, Padi!” ujar Ular agak marah.
“Kalau Tuan tidak percaya, silakan saja Tuan hitung sendiri!” kata Padi.
Ular terdiam, ia berpikir dalam hatinya. Benar kata Padi. Aku juga tidak tahu, berapa jumlah sisikku dan jumlah bintang di langit.
“Kamu ternyata pintar, Padi,” ujar Ular
Padi tersenyum bangga. Belalang kemudian pergi alasannya yaitu malu.
18. Tokoh utama dongeng tersebut yaitu ....
A. Padi
B. Ular
C. Bintang
D. Belalang
19. “Belalang, Padi, coba kalian lihat ke atas! Berapa, ya, jumlah bintang-bintang itu?” tanya Ular.
Penggalan kalimat di atas memakai latar ....
A. tempat
B. sosial
C. waktu
D. suasana
20. Watak ular dalam dongeng di atas yaitu ....
A. Keras kepala
B. Teguh pendirian
C. Rendah hati
D. Keras hati
Teks untuk nomor 21 dan 22
Singa dan Lebah Pengganggu
Sore yang cerah itu, di hutan terlihat seekor Singa dan Lebah yang sedang berdebat. “Pergilah dari sini serangga pengganggu!”, kata seekor Singa dengan murka pada seekor Lebah yang terbang berputar-putar di atas kepalanya. Tetapi Lebah tidak memperdulikan kemarahan Singa.
“Apakah kau pikir saya takut kepada kau yang disebut sebagai Raja Hutan?” kata lebah.
Lebah kemudian terbang mendekat ke Singa, dan menyengat hidung Singa. Singa yang murka mencakar keras ke arah Lebah, tetapi alasannya yaitu Lebah kecil maka tidak sanggup dilukai oleh Singa. Lebah menyengat berulang-ulang sehingga Singa mengaum keras dan marah. Kemudian Singa menghentikan perkelahian dan mengalah kalah.
Lebah bahagia dan terbang jauh untuk memberitahu kemenangan ke seluruh dunia. Tetapi sial ketika terbang, ada jaring laba-laba yang menghalanginya. Lebah berteriak minta tolong, ketika itu tiba burung Nuri yang menolong sambil menasihati Lebah biar tidak sombong.
21. Kesimpulan dari dongeng tersebut yaitu ....
A. Lebah yang selalu gagal dalam menjadi Raja Hutan
B. Singa yang rakus bisa dikalahkan oleh Lebah yang kecil
C. Burung Nuri yang baik disayang semua binatang di hutan
D. Lebah mendapatkan jawaban setimpal dari sifatnya yang sombong
22. Maksud pernyataan “Apakah kau pikir saya takut kepada kau yang disebut sebagai Raja Hutan?” pada dongeng tersebut yaitu ....
A. Lebah merasa mempunyai kekuatan mengalahkan singa
B. Lebah merasa besar hati menciptakan singa marah
C. Singa sebagai raja hutan menantang lebah
D. Singa merasa kuat sebagai raja hutan
23. Prediksi yang terjadi kalau burung Nuri tidak menolong lebah yaitu ....
A. Lebah tetap dengan kesombongannya
B. Lebah terjebak dalam jaring laba-laba
C. Lebah mati dimakan laba-laba
D. Lebah sanggup terbang bebas
24. Seperti teman-temannya yang lain, bekerjsama Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya membisu ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, mengambarkan ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, semenjak ayahnya meninggal tiga tahun lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
“Ah masa iya saya tidak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangun dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencoret-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, saya sah punya hadiah untuk Tommy.”
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut yaitu ....
A. Andi tidak hingga hati meminta uang pada ibunya
B. Kepuasan Andi sudah mempunyai hadiah untuk Tommy
C. Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat
D. Teman-teman Andi semua memberi hadiah pada Tommy
Teks bacaan untuk menjawab soal nomor 25 – 26
Widhi anak yang pandai. Dia rajin belajar. Hobinya membaca buku. Dia selalu mendapatkan peringkat satu di kelasnya. Tak heran kalau banyak sahabat yang iri padanya. Terutama Reno, sahabat sekelas Widhi yang sangat iri dengannya.
Saat ulangan matematika, Reno tidak mencar ilmu dan ia mempunyai niat untuk menyontek pekerjaan Widhi. Reno bekerjsama tahu bahwa menyontek itu tidak baik. Akan tetapi, ia tidak menghiraukan hal itu. Reno duduk di samping Widhi. Ia duduk dengan gelisah dan berusaha melirik pekerjaan Widhi. Waktu terus berjalan, tetapi penuh oleh jawaban yang ia tulis. Reno terus bersusah payah untuk melihat pekerjaan Widhi tetapi tidak berhasil.
Waktu mengerjakan ulangan telah selesai. Bu guru meminta belum dewasa untuk mengumpulkan kertas ulangan. Reno semakin panik, ia belum menulis apapun pada kertasnya. Akhirnya, ia mengumpulkan kertas kosong. Bu guru bertanya mengapa ia tidak menjawab satu soalpun. Reno mengakui bahwa tidak bisa menjawab soal alasannya yaitu tidak belajar. Ia juga mengakui punya niat untuk menyontek pekerjaan Widhi. Bu guru memperlihatkan pesan tersirat kepada Reno supaya rajin belajar. Reno berjanji akan mencar ilmu dengan tekun. Saat istirahat Reno menemui
Widhi. Ia meminta maaf kepada Widhi alasannya yaitu selama ini iri padanya bahkan ketika ulangan tadi berniat menyontek pekerjaannya. Widhipun memaafkan Reno dan mengajak Reno untuk mencar ilmu bersama.
25. Amanat dongeng tersebut yaitu ....
A. Ketika ulangan jangan malas untuk belajar
B. Perbuatan iri yaitu perbuatan yang tidak baik
C. Percaya pada kemampuan diri sendiri ketika mengerjakan ulangan
D. Harus rajin mencar ilmu supaya ketika ulangan bisa mengerjakan dengan baik
26. Tema dongeng tersebut yaitu ....
A. kejujuran
B. pendidikan
C. budi pekerti
D. kekeluargaan
27. Nilai moral positif tokoh Reno pada dongeng tersebut yaitu ....
A. Bekerja keras dan rajin belajar
B. Mau meminta maaf dan bekerja keras
C. Rajin mencar ilmu dan mau mengakui kesalahan
D. Berani mengakui kesalahan dan mau meminta maaf
Teks syair untuk nomor 28 dan 29
Kata hati mencapai cita
Di situlah ada doa ibunda
Tinggallah kita berusaha
Agar hidup tenang sejahtera
28. Kata hati mencapai cita
Makna kata hati pada cuilan syair tersebut yaitu ....
A. keharusan
B. perkataan
C. pemikiran
D. keinginan
29. Maksud syair tersebut yaitu ....
A. Seorang ibu mengharapkan biar hidup sejahtera
B. Doa ibu selalu mengiringi langkah kita dalam mencapai cita-cita
C. Cita-cita tidak akan tercapai tanpa pengorbanan ibu
D. Kesuksesan sangat gampang dicapai dengan perjuangan yang keras
30. Pulang sekolah Andi dijemput oleh ibunya memakai sepeda motor. Tiba-tiba Ibu Andi melihat beberapa polisi menyelidiki sepeda motor yang lewat. Ibu Andi yang lupa membawa SIM balasannya terkena ....
a. hukuman
b. teguran
c. marah
d. tilang
31. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Pasanglah sabuk pengaman secara serong sempurna di depan dada
2) Duduklah dengan posisi yang benar di bangku kendaraan
3) Ambillah sabuk pengaman yang terletak di sisi samping bangku mobil
4) Selanjutnya siap bepergian dengan aman
5) Kaitkan sabuk pengaman tersebut dengan pasangannya dan pastikan posisi telah terkunci Urutan petunjuk penggunaan sabuk pengaman yang sempurna yaitu ....
A. 2, 3, 1, 5, 4
B. 2, 1, 3, 5, 4
C. 3, 2, 5, 1, 4
D. 3, 2, 1, 5, 4
32. Kota Yogyakarta bukan hanya sekedar kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Kerajinan tersebut berupa souvenir hasil industri rumah tangga hingga skala besar bertarap internasional. Model-modelnya pun sesuai dengan musim dunia.
Perbaikan penulisan kata yang bercetak tebal yaitu ....
A. Sekadar, souvenir, bertarap, trend
B. Sekedhar, soufenir, bertaraf, tren
C. Sekedar, sofenir, bertaraf, tren
D. Sekadar, suvenir, bertaraf, tren
33. (1) Di halaman keraton terdapat alun-alun
(2) Keraton menjadi ciri khas Kota Yogyakarta
(3) Di alun-alun keraton tersebut ada dua pohon beringin
(4) Keraton Yogyakarta terletak di sentra Kota Yogyakarta Kalimat-kalimat tersebut bila disusun menjadi paragraf yang runtut yaitu ....
A. 1-3-2-4
B. 1-3-4-2
C. 4-1-2-3
D. 4-1-3-2
34. Pahami urutan petunjuk berikut!
(1) Teh celup siap dihidangkan
(2) Tuang air panas ke dalam cangkir
(3) Siapkan cangkir
(4) Aduk memakai sendok
(5) Masukkan teh celup dan gula ke dalam cangkir
Urutan cara menciptakan teh celup manis yang sempurna yaitu ....
A. 3-5-4-2-1
B. 3-5-2-4-1
C. 3-2-5-1-4
D. 3-2-4-5-1
35. Ketika pelajaran olahraga ruang kelas VI kosong, Tono masuk kelas. Karena sepi, Tono ingin mengganggu Firda dengan menyembunyikan sepatunya. Ketika Firda masuk kelas, ia kebingungan mencari sepatunya. Semua sahabat ditanya dan menjawab tidak tahu termasuk Tono.
Peribahasa yang sempurna untuk ilustrasi tersebut yaitu ....
A. Lempar watu sembunyi tangan
B. Mencampakan watu ke luar
C. Batu hitam tak bersanding
D. Ada udang dibalik batu
36. 1) Para siswa masuk kelas untuk mengikuti pelajaran
2) Mereka berbaris dengan rapi sesuai kelas masing-masing
3) Kegiatan apel pagi rutin dilaksanakan dengan diawali doa bersama
4) Tepat pukul 07.00 bel berbunyi, para siswa segera menuju ke halaman Kalimat-kalimat acak tersebut bila disusun menjadi paragraf yang padu yaitu ....
A. 4-1-3-2
B. 4-2-1-3
C. 4-2-3-1
D. 4-1-2-3
37. pak amroni mengikuti senam masal di lapangan perjaka kabupaten bantul Penulisan kaidah yang benar pada kalimat tersebut yaitu ....
A. Pak Amroni mengikuti senam masal di lapangan Pemuda Kabupaten Bantul.
B. Pak Amroni mengikuti senam masal di Lapangan Pemuda Kabupaten Bantul.
C. Pak Amroni mengikuti senam masal di lapangan perjaka Kabupaten Bantul.
D. Pak Amroni mengikuti senam masal di lapangan Pemuda kabupaten Bantul.
38. Pabrik Gula Madukismo ... produksinya untuk memenuhi undangan konsumen. Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ....
A. berlipat ganda
B. berlipatgandakan
C. melipat gandakan
D. melipatgandakan
39. Hai Dio (...) bagaimana kabarmu (...) Semoga sehat selalu (...)
Tanda baca yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu ....
A. (,), (,), (!)
B. (,), (!), (.)
C. (,), (?), (.)
D. (!), (?), (.)
40. Wah asyik juga ya. Kapan kita bisa bermain lagi.
Perbaiki penggunaan tanda baca kalimat tersebut yaitu ....
A. Wah asyik juga ya, Kapan kita bisa bermain lagi?
B. Wah asyik juga ya! Kapan kita bisa bermain lagi?
C. Wah, asyik juga ya! Kapan kita bisa bermain lagi?
D. Wah, asyik juga ya. Kapan kita bisa bermain lagi?
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sempurna dan jelas!
41. Pohon bakau hidup di wilayah pantai. Kumpulan pohon bakau membentuk hutan bakau. Hutan bakau berfungsi sebagai penahan abrasi. Abrasi merupakan pengikisan daratan oleh air laut. Jika erosi sering terjadi, maka wilayah maritim akan semakin luas dan daratan semakin sempit. Saat ini, hutan bakau di wilayah pantai semakin berkurang.
Tuliskan simpulan paragraf tersebut!
42. Anik berasal dari keluarga yang kurang mampu. Setiap hari beliau selalu berjalan kaki pergi ke sekolah. Dia tidak pernah merasa aib dengan keadaannya. Dia selalu percaya diri dan bersemangat untuk belajar.
Semangat mencar ilmu Anik membuatnya menjadi bintang kelas. Dia memakai waktu sebaik-baiknya untuk belajar. Waktu istirahat di sekolah dipakai untuk pergi ke perpustakaan untuk belajar. Dia tak pernah pantang mengalah untuk belajar, walaupun di sekolah sering diejek teman-temannya. Guru-gurunya merasa kagum terhadap Anik.
Sebutkan empat (4) keteladanan tokoh Anik!
43. Bukan Rusa sembarang Rusa Rusa larangan Raja Melayu Jangan biasa membuang masa Masa berjalan lepas selalu
Jelaskan pesan yang terkandung dalam pantun tersebut!
44. Hujan deras mengakibatkan banyak tanah longsong di tempat perbukitan Gunungkidul. Curah hujan yang sangat tinggi terjadi semenjak beberapa hari yang lalu. Kemarin para warga di tempat Perbukitan Gunungkidul bergotong royong membersihkan longsoran.
Tulislah kembali perbaikan tata kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut!
45. Setiap hari ahad wisatawan yang berkunjung ke museum keraton lebih banyak daripada hari sabtu Tulislah kembali kalimat yang dicetak miring memakai ejaan yang tepat!
Kunci Jawabannya
1. B
2. C
3. B
4. A
5. D
6. B
7. B
8. B
9. D
10. C
11. D
12. A
13. A
14. C
15. A
16. A
17. C
18. B
19. C
20. B
21. D
22. A
23. C
24. A
25. D
Jawaban 26 dan seterusnya ada di link download
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD + Kunci Jawaban (Paket B) ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Latihan UN Bahasa Indonesia SD File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal un sd Bahasa Indonesia 2019
- soal un sd Bahasa Indonesia 2018
- prediksi soal un sd 2018 dan pembahasannya
- soal un Bahasa Indonesia kelas 6
- latihan soal un sd dan pembahasannya
- soal usbn Bahasa Indonesia sd 2018
- latihan soal un sd 2018
- soal ujian nasional sd 2018 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 45+ Pola Soal Latihan Un Bahasa Indonesia Sd + Kunci Balasan (Paket B)"
Post a Comment