KOMPONEN   |     NO. BUTIR   |     BUKTI FISIK   |     KETERANGAN   |   
 1.STANDAR ISI   Buku I KSTP   (landasan)   Terdiri dari:   BAB I   Pendahuluan   a.  Latar   Belakang   b.  Tujuan   c.  Prinsip KTSP (sesuai karakteristik sekolah/   madrasah)   BAB II   Tujuan   a.  Tujuan Pend   b.  Visi   c.  Misi   d.  Tujuan Sekolah/ Madrasah   BAB III   Struktur dan   Muatan KTSP   a.  Mapel   b.  Mulok   c.  Kegiatan Pengem-bangan Diri   d.  Pengaturan   beban belajar   e.  Ketuntasan   belajar   f.  Kenaikan   kelas dan kelulusan   g.  Pend.Kecakapan   hidup   h.  Pendidikan   berbasis keunggulan lokal dan global   BAB   IV   Kalender   Akademik   |     1   |     Buku   Dokumen I KTSP   |    |
 2   |     Berita   Acara Pengembangan Kurikulum dilampiri undangan, daftar hadir, risalah   SK   Tim Pengembang Kuikulum    |    ||
 3   |     Buku   I KSTP   |    ||
 4   |     1.           Berita   Acara Rapat Perencanaan Penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir,   risalah.   2.           BA   Pelaksanaan Workshop penyusunan KTSP dilampiri undangan, daftar hadir,   risalah.   3.           BA   Reviu dan Revisi dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.   4.           BA   Finalisasi KTSP dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.   5.           BA   Pemantapan dan Penilaian dilampiri undangan, daftar hadir, risalah.   6.           BA   pendokumentasian dilampiri dokumen, print out KTSP dan softcopy.   |    ||
 5   |     1.           Dokumen   pelaksanaan pengembangan diri:   2.           Dokumen   pengajian, pramuka, PMR, remidi, dokumen pembelajaran di luar kelas/di alam,   kegiatan sosial, budaya.   3.           Buku   KTSP   |    ||
 6   |     Buku   sumber mapel Mulok Kabupaten harus tim penyusunnya melibatkan instansi   terkait, Dewan Pendidikan, Ketua PGRI.   |    ||
 7   |     4   jenis layanan BK   |    ||
 8   |     Program   Ekstrakurikuler (minimal 4 jenis kegiatan ekstra).   |    ||
 9   |     Silabus   kesesuaian SK, KD, Indikator.   |    ||
 10   |     1.           Jadwal   pelajaran RPP, jurnal mengajar.   2.           Catata   satu jam tatap muka 35 menit   3.           Jumlah   jam pelajaran per ahad kelas I – III = 29-32 jam; kelas IV-VI = 34 jam   4.           Jumlah   ahad efektif per tahun 34 – 38 minggu   |    ||
 11   |     Dokumen   kiprah terstuktur dan tidak terstruktur karenanya yang telah ditandatangani OT   dan telah dinilai (bila media memungkinkan dan nilai)   |    ||
 12   |     1.           Dokumen   II KTSP, Silabus, RPP   2.           Permendiknas   22 dan 23 Tahun 2008.   3.           BA   penyusunan KTSP dan risalahnya   |    ||
 13   |     1.           Silabus   setiap kelas, lihat aspek yang termuat dalam silabus (ada 7 langkah)   2.           SK   dan KD, Materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator jenis penilaian yang   dipakai alokasi waktu sumber belajar.   |    ||
 14   |     Silabus   setiap mapel disusun oleh guru   |    
 15   |     Silabus   setiap mapel (sekolah harus punya)   |    ||
 16   |     BA   rapat dewan guru yang membahas KKM dilampiri daftar haidr, dan risalah rapat.   |    ||
 17   |     1.           Dokumen   proses penentuan KKM (risalah rapat) harus memuat unsur:   2.           Karakteristik   siswa, karakteristik mapel, kondisi satuan pendidikan   |    ||
 18   |     1.           Kalender   kademik sekolah, minimal ada 4 kegiatan:   a.           Awal   tahun   b.           Minggu   efektif   c.           Waktu   pembelajaran efektif   d.          Hari   libur   2.           Idealnya   rinci semua kegiatan yang dilakukan sekolah/madrasah   |    ||
 II.STANDAR PROSES   |     19   |     RPP   setiap maple   |     10   A, 7-9 B, 4-6 C   |   
 20   |     RPP   penyusunannya memperhatikan 6 prinsip   |     76%   lebih A, 51-75 B, 26-50 C, 1-25 D   |   |
 21   |     Observasi   pembelajaran, harus memenuhi 4 syarat: 1) jumlah PD/kelas 28, 2) beban   mengajar guru minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu, 3) buku teks   pemilihannya lewat rapat guru dengan pertimbangan komite (lampiran BA, rapat   pemilihan buku) yang diketahui komite, rasio ini didampingi oleh buku   pengayaan (LKS), rujukan sumber lainnya dan, 4) pengelolaan kelas mengikuti   kaidah: a-k   |    ||
 22   |     Hasil   supervisi kepala sekolah   (instrumen   yang telah terisi hasil supervisi)   |     Persentase   = no 20   |   |
 23   |     Buku   II (RPP), dilihat apakah kelas I-III memakai pendekatan tematik   |     3   kelas tematik A   |   |
 24   |     Buku   II (RPP), dilihat apakah kelas IV-VI memakai pendekatan maple   |     3   kelas mapel A   |   |
 25   |     1.           Program   pengawasan kepala sekolah   2.           Buku   tamu kelas   3.           Hasil   pemantauan/monitoring PBM oleh sekolah yang meliputi: perencanaan,   pelaksanaan, penilaian hasil belajar   |    ||
 26   |     Laporan   pelaksanaan supervisi pembelajaran yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan,   penilaian dengan 4 cara: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, konsultasi.   |    ||
 27   |     Dokumen   hasil penilaian proses pembelajaran oleh kepala sekolah   |    ||
 28   |     Laporan   pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan   |    ||
 29   |     Dokumen   tindak lanjut (memberikan reword, panishment, pemberian kesempatan para guru   mengikuti pelatihan/penataran   |     Persentase   = no 20   |   |
 III.STANDAR   KELULUSAN   |     30   |     Buku   I KTSP (lihat KKM kelompok mapel (IPTEK))   |     KKM   75/lebih A,   70-74,99   B,   65-69,99   C.   60-64,99   D   |   
 31   |     Dokumen   pemanfaatan materi ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, internet   |    ||
 32   |     RPP   IPA dan RPPS IPS   |    ||
 33   |     Dokumen   mengunjungi perpustakaan, mengakses internet, ke museum, cagar budaya, dan   lain-lain   Misalnya   beupa surat permohonan ke pengelola museum, cagar budaya, dan lain-lain   |    ||
 34   |     RPP   semua mapel (membaca dan menulis)   |     Persentase   = no 20   |   |
 35   |     RPP   semua mapel (menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial   dan fisik)   |    ||
 36   |     Dokumen   kegiatan seni dan budaya (foto)   Pentas   seni, festival lukisan, latihan tari, latihan musik, keterampilan membuat   karya seni   |     4   jenis kegiatan A   |   |
 37   |     -        Tata   tertib sekolah   -        Dokumen   sosialisasi tata tertib sekolah   -        Catatan   pelanggaran tata tertib sekolah   |     Tidak   ada PD yang melanggar A   |   |
 38   |     Dokumen   kegiatan satu tahun tentang:   -        Peringatan   hari besar nasional   -        Peringatan   hari besar agama   -        Pentas   seni budaya aneka macam negara   -        Peringatan   bulan bahasa nasional & internasional   |     4   jenis kegiatan A   3   jenis kegiatan B   2   jenis kegiatan C   1   jenis kegiatan D   |   |
 39   |     -        Dokumen   pelaksanaan kegiatan kebersihan yang dilaksanakan setiap ahad sekali. Misal   Jum'at bersih.   -        Program   sekolah wacana 5K   -        Tempat   basuh tangan setiap kelas/ruang   -        Program   dan daerah menggosok gigi PD   -        Tempat   sampah di setiap ruang   |    ||
 40   |     Dokumen   kegiatan menjalankan aliran agama:   -        Pembiasaan   memberi salam   -        Pembiasaan   membaca doa   -        Pembiasaan   beribadah   -        Sholat   dhuhur berjamaah   -        Infaq   Jum'at   -        Kegiatan   lain bernuansa keagamaan   |     Setiap   minggu   4   jenis kegiatan A   3   jenis kegiatan B   2   jenis kegiatan C   1   jenis kegiatan D   |   |
 41   |     Dokumen   kegiatan satu tahun tentang:   -        Peringatan   hari besar nasional   -        Peringatan   hari besar agama   -        Pentas   seni budaya aneka macam negara   -        Peringatan   bulan bahasa nasional & internasional   |     4   jenis kegiatan A   3   jenis kegiatan B   2   jenis kegiatan C   1   jenis kegiatan D   |   |
 42   |     RPP   semua mapel (memuat metode cooperatif, learning)   |     Persentase   = no 20   |   |
 43   |     RPP semua mapel (memuat metode perkara   solving)   |     Persentase   = no 20   |   |
 44   |     Karya   tulis PD, contohnya portofolio PD, karya PD di Mading, laporan hasil wisata   PD, buletin inretnal PD, dokumen presentasi dan lain-lain   |    ||
 45   |     Dokumen   hasil karya PD yang memperoleh penghargaan, menyerupai keterampilan menyimak,   berbicara, membaca, menulis, berhitung   |    ||
 46   |     Dokumentasi   UASBN (amati rata-ratanya)   |     Lebih   dari 8,00 A.   7,01-8,00   B   6,01-7,00   C   5,01-6,00   D   Di   bawah 5,01 E   |   |
 IV.STANDAR   PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN   |     47   |     Foto   copy ijazah yang dimiliki pendidik   |    |
 48   |     Foto   copy ijazah yang dimiliki seua pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang   dijarkan atau tidak   |    ||
 49   |     RPP   diadaptasi dengan prinsip-prinsip pembelajar   Dokumen   penilaian kompetensi pedagogik guru oleh kepala sekolah   |    ||
 50   |     Dokumen   pengaduan dari masyarakat   DP3   guru   Dokumen   penilaian kompetensi, kepribadian guru oleh kepala sekolah   |    ||
 51   |     BA   rapat dewan guru yang dilampiri undangan, daftar hadir, risalah rapat   |    ||
 52   |     Daftar   hadir gur dan karyawan   |    ||
 53   |     Sertifikat   pendidik, SK kepala sekolah, dan jadwal mengajar   |    ||
 54   |     Foto   copy Ijazah Kepala Sekolah dan PT terakareditasi   |    ||
 55   |     Surat keterangan   pengalaman mengajar   |    ||
 56   |     Dokumen   penilaian kompetensi, kepribadian dari atasan langsung   |    ||
 57   |     Data   lulusan yang diterima di SMP/MTs   |    ||
 58   |     Buku   keuangan koperasi sekolah, kantin sekolah, dokumen penggalangan dana dan DUDI   (kemampuan dalam membiayai kegiatan esktra)   |    ||
 59   |     Surat perjanjian   kerjasama dengan pihak lain   |    ||
 60   |     Jadwal supervisi dan hasil   pelaksanaan supervisi Buku supervisi guru kelas/guru mapel   |    ||
 61   |     Foto   copy ijazah tenaga manajemen dan pendidikan menengah   |    ||
 62   |     Kesesuaian   ijazah dengan bidang tugas   |    ||
 63   |     Foto   copy Ijazah tenaga perpustakaan dan pendidikan menengah   |    ||
 64   |     Surat penugasan   sebagai pustakawan   |    ||
 65   |     SK   Kepala Sekolah:   -        Penjaga   sekolah   -        Tukang   kebun   -        Tenaga   kebersihan   -        Pengemudi   -        Pesuruh   |    ||
 V.STANDAR SARANA   DAN PRASARANA   |     66   |     Inventaris   lahan/tanah   |    |
 67   |     Sarana   kesehatan, keselamatan, akomodasi saluran evakuasi dalam keadaan darurat   |    ||
 68   |     Lokasi   sekolah (terhindar dari gangguan pencemaran air, udara, tanah dan kebisingan)   |    ||
 69   |     Surat kepemilikan   tanah/surat kewenangan penggunaan tanah, IMB   |    ||
 70   |     Luas   lantai dengan jumlah PD 3,8m2/PD   Luas   bangunan 6 ruang kelas min 400 m2   |    ||
 71   |     Bangunan   sekolah yang kokoh dilengkapi pencegah kebakaran dan petir   |    ||
 72   |     Sanitasi   yang meliputi:   -        Kebutuhan   air bersih   -        Saluran   limbah   -        Tempat   sampah, saluran air hujan   |    ||
 73   |     Ventilasi   ruangan cukup terang   |    ||
 74   |     Instalasi   listrik 900 watt   |    ||
 75   |     IMB   dan ijin penggunaan bangunan   |    ||
 76   |     Dokumen   alokasi biaya pemeliharaan sekolah 5 tahun terakhir   |    ||
 77   |     Memiliki   ruang kelas, pepustakaan, lab IPA, ruang pimpinan, ruang guru, daerah ibadah,   ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, daerah bermain/ olahraga   |    ||
 78   |     Ruang   kelas yang sesuai ketentuan   |    ||
 79   |     Ruang   perpustakaan   |    ||
 80   |     BSE   buku cetak lainnya perbandingannya dengan PD 1 : 1   |    ||
 81   |     Buku   yang dipakai guru dan PD sama dengan yang ditetapkan Permendiknas   Kondisi   bukunya   |    ||
 82   |     Keadaan   laboratorium IPA   |    ||
 83   |     Keadaan   ruang pimpinan   |    ||
 84   |     Keadaan   ruang guru   |    ||
 85   |     Keadaan   daerah ibadah   |    ||
 86   |     Keadaan   ruang UKS   |    ||
 87   |     Keadaan   jamban   |    ||
 88   |     Keadaan   gudang   |    ||
 89   |     Keadaan   ruang sirkulasi   |    ||
 90   |     Keadaan   daerah bermain/berolahraga   |    ||
 VI.STANDAR   PENGELOLAAN   |     91   |     Visi   sekolah   -        Terpampang   dengan terang dan gampang dibaca   -        Dokumen   sosialisasi cisi misi sekolah   |    |
 92   |     Misi   sekolah   -        Terpampang   dengan terang dan gampang dibaca   -        Dokumen   sosialisasi cisi misi sekolah   |    ||
 93   |     Tujuan   forum sekolah   -        Terpampang   dengan terang dan gampang dibaca   -        Dokumen   sosialisasi cisi misi sekolah   |    ||
 94   |     RKS/M 4 tahunan dan   RKT tahunan   |    ||
 95   |     Pedoman   yang mengatur pengelolaan secara tertulis tentang: KTSP, Kaldik, Struktur   Organisasi Sekolah, pendayagunaan pendidik/tenaga kependidikan, peraturan   akademik, tatib sekolah, instruksi etik sekolah, BOS.   |    ||
 96   |     Bagian   struktur organisasi sekolah dan uraian tugasnya   |    ||
 97   |     Laporan   pelaksanaan kegiatan   RKT tahunan   |    ||
 98   |     Dokumen   pelaksanaan kegiatan kesiswaan:   -        Layanan   konseling   -        Ekstrakurikuler   -        Pembinaan   prestasi unggulan   -        Daftar   alumni   |    ||
 99   |     Dokumen   pelaksanaan pemgebangan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi:   KTSP,   Kaldik, jadwal pembelajaran, peraturan akademik   |    ||
 100   |     Jadwal   pelajaran, piagam, sistem penghargaan, promosi, dan penempatan, mutasi   |    ||
 101   |     Program   pengelolaan sarpras yang minimal memuat:   Perencanaan   Pemenuhan   sarpras   Pendayagunaan   sarpras   Evaluasi   dan pemeliharaan sarpras   |    ||
 102   |     Program   pengelolaan pembiayaan pendiikan minimal memuat:   Sumber   pemasukan   Sumber   pengeluaran   Jumlah   danah yang dikelola   |    ||
 103   |     Dokumen   kegiatan sekolah yang membuat suasana, iklim, dan lingkungan yang   kondusif. Misalnya:   Kegiatan   upacara bendera   Budaya   jabat tangan antara siswa dan guru   Menutup   pintu gerbang sekolah sesudah pukul 7.00   Melaksanakan   baris di depan kelas sebelum masuk   |    ||
 104   |     BA   rapat penyusunan RKS/M dilampiri dengan:   -            Undangan   kepada tokoh masyarakat   -            Undangan   kepada forum lain   Pelaksanaan   jadwal kegiatan sekolah   Dokumen   proteksi dan masyarakat (tenaga, material)   MoU   dengan forum lain   |    ||
 105   |     Program   kepengawasan:   BA   sosialisasi jadwal kepengawasan dilampiri:   Daftar   hadir dan risalah sosialisasi   |    ||
 106   |     Dokumen   laporan penilaian diri per semester   |    ||
 107   |     Dokumen   laporan kinerja pendidik dan tendik   |    ||
 108   |     Buku   I, II, III,dan   IV   perangkat akreditas   Tim   persiapan akreditasi   Bukti   fisik dokumen   Sarpras   yang diharapkan akreditasi   |    ||
 109   |     Buku   jadwal kasek wacana pelaksanaan tupoksi kepala sekolah   |    ||
 110   |     Sistem   informasi manajemen sekolah   Misalnya:   Papan   informasi kegiatan sekolah, BOS, pelaksanaan pembelajaran dan lain-lain   |    ||
 VII.STANDAR    PEMBIAYAAN   |     111   |     Catatan   tahunan wacana inventaris sarpras   |    |
 112   |     SPJ   Pembiayaan   |    ||
 113   |     Buku   kas dan RKAS/M   |    ||
 114   |     Daftar   penerimaan honor pendidik   Daftar   penerimaan honor pendidik   Daftar   penerimaan insentif pendidik   |    ||
 115   |     Daftar   penerimaan tenaga kependidikan   Daftar   penerimaan honor tenaga kependidikan   Daftar   penerimaan insentif tendik   |    ||
 116   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 117   |     Dokumen   pmbelajaran dari alokasi kegiatan kesiswaan (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 118   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan alat tulis untuk pembelajaran (SPJ   keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 119   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan materi habis pakai untuk pembelajaran (SPJ   keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 120   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan Alat habis pakai   untuk pembelajaran (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 121   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan rapat (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 122   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan transport dan perjalanan dinas (SPJ   keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 123   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi penggandaan soal-soal ulangan/ujian (SPJ keuangan   sekolah, RKAS/M)   |    ||
 124   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi pengadaan daya dan jasa (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 125   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi anggaran kegiatan operasi tidak eksklusif misal:   uang lembur, konsumsi, asuransi dan lain-lain (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 126   |     Dokumen   pembelajaran dari alokasi biaya operasi sekolah yang meliputi   Kesra   warga sekolah   Pengembangan   pendidik dan tendik   Sarpras   Pengembagnan   kurikulum dalam PBM   Kegiatan   ke-TU-an (SPJ keuangan sekolah, RKAS/M)   |    ||
 127   |     SK   Kepala Sekolah wacana ada/tidaknya iuran   |    ||
 128   |     Surat   edaran/pengumuman wacana tidak adanya biaya registrasi ulang   |    ||
 129   |     Daftar   PD akseptor bantuan/pembebasan biaya sekolah   |    ||
 130   |     Daftar   iuran, kalau PD bebas dari semua biaya   |    ||
 131   |     BA   rapat pengambilan keputusan, daftar hadir rapat   |    ||
 132   |     RKAS/M,   papan informasi, dana sekolah   |    ||
 133   |     Buku   pedoman pengelolaan keuangan   |    ||
 134   |     RKAS/M   |    ||
 135   |     SPJ   keuangan sekolah   |    ||
 VIII.STANDAR   PENILAIAN   |     136   |     Rancangan   kriteria penilaian dan silabus   BA   sosialisasi kriteria penilaian pada PD   |    |
 137   |     Silabus   setiap mapel memuat teknik:   Penilaian   yang sesuai, KD dan indikator teknik penilaiannya sesuai/tidak   |    ||
 138   |     Perangkat   tes buatan guru   |    ||
 139   |     Arsip   tes, nilai tes, nilai pengamatan, nilai tugas, terstuktur maupun mandiri   |    ||
 140   |     Buku   analisis hasil mencar ilmu PD   |    ||
 141   |     Buku   penghubung guru dan orang tua, hasil kerja siswa yang telah ditandatangani OT   |    ||
 142   |     Program   remidi dan pengayaan   Revisi   perangkat pembelajaran   |    ||
 143   |     Buku   rapor   |    ||
 144   |     Nilai   adat (buku rapot)   |    ||
 145   |     Nilai   kepribadian   |    ||
 146   |     BA   rapat koordinasi wacana hasil UTS, US, UKK    Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 147   |     BA   rapat penentuan kriteria kenaikan kelas   Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 148   |     BA   rapat penentuan nilai selesai untuk kelompok mapel estetika, penjasorkes   Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 149   |     BA   rapat penentuan nilai selesai untuk kelompok mapel agama, PKn   Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 150   |     Buku   rapor   |    ||
 151   |     Dokumen   daya serap dan pencapaian target   Setiap   selesai semester dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten   |    ||
 152   |     BA   rapat penentuan kelulusan bahu-membahu dengan guru kelas, guru mapel dan   kasek   Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 153   |     BA   rapat penentuan rata-rata sebagai kriteria kelulusan US/UN. Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 154   |     BA   rapat penentuan nilai minimal mapel sebagai kriteria kelulusan UASBN   Dilampiri   undangan, risalah   |    ||
 155   |     Bukti   penerimaan SKHUASBN   |    ||
 156   |     Bukti   penyerahan Ijazah kepada PD yang lulus   |    ||
 157   |     BA   rapat penentuan PPDB   Dilampiri   undangan, risalah   |    

0 Response to "Kunci Sukses Legalisasi Sekolah"
Post a Comment